Partner Informasi Bisnis Terpercaya

2 Contoh Wirausaha yang Sukses dan Inspiratif

0 355

Menjadi contoh wirausaha yang sukses yang mendirikan sendiri perusahaannya memang sangat menjanjikan dibanding dengan menjadi pegawai dari perusahaan. Menjadi pengusaha memang tidaklah mudah, kadang banyak orang yang merasa ragu dan menyerah di awal perjuangan menjadi usaha karena merasa tidak memiliki bakat dan tidak punya cukup modal. Padahal menjadi pengusaha dengan menjalani hobi juga bisa dijadikan peluang.

Banyak pengusaha sukses di Indonesia yang benar-benar mengawali usaha dari nol sampai menjadi seorang yang tajir melintir. Kebanyakan dari mereka hanya memiliki satu bakat yakni pantang menyerah dan tidak takut untuk kembali mencoba.

Ada juga pengusaha sukses yang awalnya hanya berawal dari sebuah kesukaan atau hobi sehingga mendapat banyak keuntungan.

Lalu siapakan contoh wirausaha yang sukses di Indonesia yang dapat dijadikan inspirasi? Ini dua orang yang berasal dari generasi berbeda.

1. Bob Sadino

Dia adalah seorang pengusaha sukses yang lahir di Kota Lampung. Perkataan Bob Sadino yang paling terkenal adalah “walapun Anda menjadi pegawai di perusahaan besar, Anda tetap hanyalah seorang pegawai. Namun jika Anda menjadi pemilik usaha kecil sekalipun, Anda tetap bosnya”.

Nah, itulah yang membuat Bob Sadino banting setir ketika sudah menjadi pegawai selama sembilan tahun dan melanjutkan usahanya menjadi seorang wirausaha sukses dan ternama di Indonesia. Bermula dari bisnis sewa mobil, tetapi di tengah jalan bisnis tersebut gagal.

Bob Sadino pun pantang menyerah dengan kembali memutar otak dengan peluang bisnis ternak ayam negeri dan telurnya. Awalnya telur ayam negeri ditawarkan hanya dari rumah ke rumah. Berkat kegigihan dan keuletan Bob Sadino usahanya sukses besar dan terkenal.

Bob Sadino juga mengembangkan usahanya tersebut dengan menjual berbagai sayuran hidoponik, daging, dan juga supermarket ternama Kem-Chicks.

2. Nadiem Makarim

Siapa yang tidak kenal dengan nama seorang pemuda bernama Nadiem Makarim. Yap, dia adalah pendiri perusahaan Go-Jek. Go-Jek  adalah sebuah terobosan inovasi baru untuk menjadikan sistem transportasi di Indonesia menjadi lebih maju.

Go-jek dibangun berdasarkan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan akan selalu dibutuhkan. Go-jek sangat membantu masyarakat dalam hal transportasi dan fitur-fitur pendukung Go-Jek lainnya. Tidak mudah bagi Nadiem Makarim dalam mendirikan perusahaan Go-Jek, dia harus terjun langsung bermitra dengan para tukang ojek untuk mau menjadi mitranya.

Berkat kerja kerasnya, Go-Jek bahkan lebih banyak diminati oleh masyarakat dibandingkan alat transportasi umum lainnya yang ada di Indonesia.

Itulah contoh wirausaha yang sukses berbeda bidang. Semua orang tentu mempunyai bakat wirausaha dan pengusaha besar jika memiliki tekad yang kuat. Dari dua kisah pengusaha besar tersebut dapat disimpulkan bahwa kerja keras adalah hal yang paling utama.

Semoga cerita wirausaha inspiratif tersebut dapat memberikan motivasi pada diri Anda untuk semangat dalam berbisnis ke depannya.

Berlangganan Newsletter
Dapatkan info terbaru tentang bisnis, peluang usaha, keuangan langsung di email Anda.
Anda dapat berhenti berlangganan kapanpun.

Tinggalkan Balasan

Data Email Anda Aman dan Tidak Akan Pernah Disalahgunakan.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.