Ini Dia 4 Perbedaan Sekolah Unggulan dan Biasa yang Jarang Diketahui!

 

Indonesia sedang gencar membentuk sekolah unggulan di setiap wilayah. Sekolah yang terbaik ini dipercaya mampu meningkatkan kualitas pendidikan dan mutu para lulusannya. Sekolah terbaik dan unggulan ini dipercaya memiliki mutu lebih tinggi dibandingkan sekolah biasa. Yang menjadi keunggulannya adalah kondisi sekolah tersebut, kecakapan dan sebagainya.

Menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan sekolah yang unggul dikembangkan untuk bisa mencapai pendidikan yang berkualitas dan bisa mengeluarkan output yang berkualitas pula. Banyak yang bertanya apa yang menjadi perbedaan sekolah unggulan dan sekolah biasa. Berikut ini adalah beberapa perbedaan  yang menarik untuk diketahui:

Tingkat Persaingan yang Lebih Sulit

Yang membedakan sekolah terbaik dan unggulan dengan biasa adalah tingkat persaingan. Sekolah yang unggulan ini akan memiliki persaingan lebih sulit dibandingkan yang sekolah yang biasa. Saat masuk ke sekolah terbaik dan unggulan persaingan yang harus dilakukan sudah ketat. Saat sudah bisa masuk ke sekolah terbaik perjuangan tidak berhenti sampai situ saja  namun persaingan akan berlanjut sampai lulus. Jika tidak bisa bersaing akan kalah dan rentan membuat stress dan menjadi beban sekolah.

Membentuk Mental yang Kuat

Sekolah yang unggul ini akan mampu membentuk mental yang jauh lebih kuat. Sekolah yang unggul bisa membuat murid memiliki ekspektasi yang lebih tinggi sehingga kesulitan soal dan nilai ulangan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan sekolah biasa.

Jika tidak kuat akan mudah drop dan membuat nilai yang didapatkan kurang memuaskan. Sisi positifnya adalah murid yang sekolah terbaik dan unggulan ini akan siap mental dengan berbagai tantangan yang ada saat pembelajaran.

Di sekolah biasa tantangan minim sehingga membuat murid lebih santai dan rileks menghadapi pembelajaran namun hal ini justru tidak bagus. Murid akan terbiasa berleha-leha dan tidak siap menghadapi tantangan yang diberikan. Mental yang kuat dibutuhkan karena dalam kehidupan selalu ada tantangan yang harus bisa diselesaikan.

Peluang yang Besar Masuk PTN

Perbedaan sekolah biasa dan unggulan yang paling terasa adalah peluang untuk masuk PTN. Kebanyakan sekolah yang unggulan ini memiliki peluang besar untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. Alasannya karena sudah memiliki nama yang bagus. Dengan bekal yang diberikan di sekolah murid juga akan lebih siap untuk masuk PTN.

Semangat Belajar Murid atau Siswa

Yang membedakan sekolah  biasa dan unggulan adalah semangat belajar para siswa. Murid di sekolah yang unggul dengan saingan banyak ini memacu semangat belajar lebih tinggi dibandingkan sekolah biasa. Saat masuk ke sekolah yang unggul murid akan mengetahui bahwa setiap orang pandai dalam  bidangnya masing-masing, hal itu sekaligus membuat semangat belajar lebih meningkat.

Anda bisa mempercayakan pendidikan anak Anda di Sekolah Murid Merdeka atau SMM. Sekolah unggulan satu ini menerapkan metode blended learning yaitu mencampurkan pembelajaran online dan offline, SMM menerapkan kurikulum berbasis kompetensi sehingga murid bisa mendapatkan pengalaman belajar yang lebih seru dan menyenangkan sehingga hasil pembelajaran menjadi lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.