Partner Informasi Bisnis Terpercaya

7 Manfaat Memiliki Bisnis Paruh Waktu di Rumah

0 22

Tak ada yang salah memiliki pemasukan tambahan selain dari yang berasal dari pekerjaan full-time Anda saat ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memiliki bisnis paruh waktu (part-time) yang dikerjakan di rumah. Apa saja benefitnya?

Memiliki penghasilan ekstra dengan membangun bisnis paruh waktu dari rumah sangatlah mungkin terjadi. Dibutuhkan manajemen waktu, strategi pengelolaan usaha, dan keseimbangan antara bisnis sampingan dengan pekerjaan utama. Terlebih lagi, jika Anda sudah berkeluarga, dibutuhkan kerjasama yang baik diantara semua anggota keluarga.

Setidaknya, ada tujuh manfaat utama dengan memiliki bisnis paruh waktu dari rumah untuk meningkatkan keuangan Anda.

#1 Penghasilan Ekstra

Salah satu alasan utama dari sebagian besar orang dengan memiliki bisnisnya sendiri adalah untuk mengumpulkan penghasilan tambahan. Dengan lebih banyak uang ekstra yang masuk, berarti Anda bisa lebih aman secara finansial. Bahkan, dengan penghasilan yang didapatkan dari waktu luang dapat memberikan ruang lebih besar bagi anggaran keuangan pribadi atau rumah tangga Anda.

Anda akan memiliki uang ekstra untuk mendapatkan liburan yang lebih baik, alih-alih liburan yang ala kadarnya, atau bahkan tidak memiliki dana yang cukup untuk berlibur. Selain itu, pemilik bisnis paruh waktu dari rumah bisa menambahkan penghasilan ekstra dari biaya apapun yang diinginkan.

#2 Mendapatkan Lebih Banyak Kenikmatan

Apabila Anda memiliki pekerjaan full-time yang tidak disukai, menjalankan bisnis paruh waktu bisa jadi menyenangkan. Terlebih lagi, bisnis yang dijalankan berasal dari hobi yang Anda sukai.

Bisa jadi, saat ini Anda bagai terpenjara dengan pekerjaan yang dijalani. Salah satu cara mengatasi hal tersebut adalah dengan mengalihkan pikiran dengan melakukan hobi yang berpotensi menghasilkan uang ekstra. Misalkan, Anda senang melakukan aktivitas mendesain, maka Anda bisa membuka usaha jasa desain paruh waktu.

Bisnis yang berawal dari kesenangan hobi tersebut, bukan tidak mungkin di masa depan akan menggantikan pekerjaan utama Anda saat ini. Ada banyak pengusaha sukses yang mengawali karir bisnisnya dari rumah, sebut saja pencipta Facebook, Mark Zuckerberg.

Intinya adalah pastikan Anda benar-benar menikmati bisnis yang berasal dari hobi tersebut. Sesuatu yang dikerjakan sesuai dengan passion, akan menghasilkan keuntungan untuk jangka panjang. (Baca Juga: Tips Mengubah Hobi Menjadi Bisnis yang Menguntungkan)

#3 Manfaat Pajak & Penghematan Biaya

Salah satu pengeluaran yang tak bisa dihindari adalah membayar pajak. Jika Anda memiliki kantor sendiri, maka dapat dikatakan akan ada banyak pajak yang keluar. Apabila Anda menjalankan bisnis dari rumah, maka ada banyak penghematan dari pajak yang bisa didapatkan.

Anda bisa menghapus penggunaan pajak sewa, pajak bangunan, dan lain sebagainya. Selain itu, akan ada banyak penghematan dari biaya-biaya seperti biaya sewa, biaya tranportasi, dan masih banyak lagi biaya lainnya.

#4 Membangun Kekayaan Jangka Panjang

Orang yang hanya mengandalkan pemasukan utama dari gaji, biasanya akan mengeluhkan sulitnya menyisihkan sebagian uang gajinya untuk masa pensiun mereka. Gaji bulanan yang didapatkan pada umumnya akan selalu habis sebelum dapat menyisihkan untuk tabungan jangka panjang.

Inilah salah satu alasan terbaik mengapa Anda harus memiliki bisnis dari rumah, walaupun hanya dilakukan paruh waktu. Jika memiliki dan menjalankan bisnis sendiri, Anda dapat membuat perencanaan pensiun jangka panjang lebih baik. Ada lebih banyak uang yang bisa disisihkan untuk keperluan tersebut.

#5 Memiliki Aset Menguntungkan

Dengan meluangkan waktu, biaya, dan upaya lebih ekstra dengan meluncurkan bisnis sampai sukses, maka Anda telah memiliki aset yang berharga untuk masa depan. Dengan memiliki usaha yang menghasilkan pendapatan, itu merupakan aset berharga. Jika Anda hendak pensiun atau tidak ingin menjalankan bisnis lagi, maka pertimbangkan untuk menjual usaha / bisnis tersebut.

Ide bisnis dapat diberikan tanpa biaya, tetapi bisnis yang memiliki pelanggan dan keuntungan dapat dijual dengan jumlah yang luar biasa. Bayangkan menjual bisnis Anda nanti untuk ratusan juta, milyaran, atau mungkin lebih. Bisnis dibeli dan dijual setiap hari, dan suatu hari bisa jadi itu bisnis milik Anda.

#6 Diversifikasi

Tak jauh berbeda dengan melakukan diversifikasi untuk investasi, Anda juga perlu melakukan diversifikasi dalam membangun kekayaan Anda. Bisnis paruh waktu dapat membantu mendiversifikasi sumber penghasilan Anda.

Jika satu-satunya sumber penghasilan uang Anda yang aktif adalah pekerjaan full-time, apa yang terjadi ketika Anda kehilangan pekerjaan tersebut? Bagaimana jika perusahaan tempat Anda bekerja bangkrut? Bagaimana jika Anda membenci pekerjaan atau atasan? Memiliki bisnis paruh waktu menambah keamanan untuk situasi pekerjaan Anda, terutama saat kondisi ekonomi mulai memburuk atau perusahaan mulai terlihat goyah.

Sebuah bisnis paruh waktu adalah cara yang bagus untuk melakukan diversifikasi dalam membangun kekayaan aktif Anda.

#7 Memahami Ekonomi

Ketika menjalankan bisnis, bahkan bisnis rumah yang relatif sederhana di waktu luang, Anda belajar tentang ekonomi. Anda belajar tentang penjualan, laba, layanan pelanggan, riset pasar, perilaku konsumen, laporan keuangan, strategi penetapan harga dan banyak lagi. Bisnis kecil adalah mikrokosmos dari apa yang dilakukan oleh bisnis dan ekonomi besar untuk barang dan jasa.

Semakin kita semua memahami ekonomi yang paling mendasar, pilihan yang lebih baik akan kita buat untuk seluruh negara.

Memulai dan menjalankan bisnis paruh waktu, bisnis rumahan mungkin terdengar seperti usaha besar. Akan tetapi, jika Anda memfokuskan bisnis dengan sesuatu yang disukai dan menjalankannya dengan baik, keuntungan finansial akan berbanding lurus dengan usaha Anda.

Via www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter
Dapatkan info terbaru tentang bisnis, peluang usaha, keuangan langsung di email Anda.
Anda dapat berhenti berlangganan kapanpun.

Tinggalkan Balasan

Data Email Anda Aman dan Tidak Akan Pernah Disalahgunakan.